Kamis, 21 Agustus 2014

Journey Become a Villager.


Desa Pakel, Kecamatan Watulimo,
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia
Cerita ini aku awali ketika aku menjadi istri.
Suamiku bertempat tinggal di Trenggalek.
Dekat Tulung Agung dan Pacitan

foto di samping ini adalah jalan masuk ke desa suami.
desa Pakel. dusun Petung.

Keluarga suami adalah keluarga petani.
dimana penghasilan utama adalah dari panen.
percaya ato enggak, selama di desa ini saya jarang ngeluarin uang.
selain karena bokek, tetapi juga memang disini iriiit banget.

pengen makan sayur, tinggal ambil di kebun sendiri. pengen pedes-pedes juga cabe nya sudah ada di belakang. tinggal petik masih seger deh dari ladang. pengen pepaya? atau es degan? kebayang deh yang tadinya di timor harga degan 1 buah aja nyampe 2 dollar alias 20 ribu. dan ini hampiiiirr tiap hari minum yang namanya degan. dan itu semua gratis.

durian nyamleng

Suguhan di Bulan Februari 2013 di desa Pakel, Trenggalek
diantara pohon cabe
Biasanya di Bulan Februari - April di daerah Pakel ini panen Durian dan Manggis. Legit banget. Dagingnya buesar.
Foto ini diambil bulan Agustus 2013, saat itu sedang tidak panen durian. jadi nya beli deh 50 ribu dapet durian se upil aja.
Tombo milik kata suamiku. alias obat pengen.


persiapan panen cengkeh

ini suami saya sedang persiapan untuk panen cengkeh. setiap hari hampir dapat satu karung kecil 5 - 10 kg cengkeh basah. katanya sih jaman duluuu sekitar 10 tahunan yang lalu, yang namanya rumah itu bisa penuuuhh dengan hasil panen cengkeh.








cengkeh baru saja di panen

cengkeh yang baru saja di panen ini punya bau khas banget.
bikin nagih kalo di cium harumnya.
dan segeer banget






cengkeh basah sedang di jemur 

cengkeh kering

bijih kopi di hutan
Yang menarik lagi dari tempat tinggal suami ku adalah 
Desa yang terletak di bukit.
beneran di bukit
buat temen - temen di Jogja yang pernah tau daerah irung petruk
ya untuk menuju desa suamiku ini
harus melewati belokan yang supeeer banget deh tanjakannya
dua atau tiga kali gitu

tapi kalo ditanya tentang pemandangannya sih
jangan salah
awesome!!

pemandangan di Cagak Telu, Desa Pakel
Foto ini diambil bulan agustus 2013.
di area cagak telu. yang berarti tiga tiang.
saya kira berhubungan dengan yang mistis mistis gitu.
ternyata karena disana ada tiang listrik yang berjumlah tiga.
dan pemandangannya
gak usah ditanya deh
worth it bangeett





mana sih desa Pakel itu?
desa Pakel itu adalah bagian dari kecamatan Watulimo. lebih dekat dengan kecamatan Kampak.
masuk dalam Kabupaten Trenggalek, Karesidenan Madiun. Jawa Timur, Indonesia

Sebagian besar penduduknya adalah petani. juga nelayan. bahkan ngga sedikit dari mereka yang mencari penghasilan sebagai TKI maupun TKW. untuk yang ditinggal kan di rumah, kebanyakan ibu-ibu rumah tangga yang mengerjakan reyeng. reyeng adalah anyaman bambu yang digunakan untuk tempat ikan pindang.


anyaman reyeng
pict courtesy of pemkab lamongan

kebanyakan di desa ini pernikahan diselenggarakan di usia muda. yang perempuan rata-rata setelah lulus smp atau sma sudah di lamar. dan ketika saya disana, saya 27 tahun, sudah menikah, belum memiliki anak, dan tetangga ada yang umur 24 anaknya sudah 6 tahun.


satu lagi yang menarik disini. seumuuuur umur saya ga pernah gatel-gatel yg antik dan unik. namanya tanggangen. alias gatal karena binatang tanggang. tanggang ini tidak nampak di mata. tetapi pas dia lagi iseng gigit, wuih rasanya. cengkring di area gatal. dan itu hampir satu mingguan deritanya. ga bakal deh foto bekas gatal nya aku upload. suer. nggilani. hahaha
tanggang ini adanya biasanya di kambing, atau kandang kambing. secara si kambing ini ga pernah di mandikan. nah, kejadian ini bermula ketika saya ikut suami untuk memanen cengkeh di hutan, berhubung saya gendut, saya ga mungkin ikutan ambil cengkeh di pohon atas, tangga nya cuma dari bambu saja ga kuat menahan beratku yg super curvy begini. saya ikut ambil cengkeh di bawah. namanya ngluru cengkeh. 1 jam lebih dapet nya dikiiit banget. karena saya gendut, ga betah ya lama-lama ndodok alias jongkok. akhirnya ndeprok lah saya. ndeprok itu artinya duduk dengan leluasa. saya pikir karena pake celana panjang yaa aman-aman saja. sampe lah di rumah. saya merasakan cengkring-cengkring si tanggang itu di paha saya.
ahh enggak lagi-lagi deh deketan sama kandang kambing, apalagi kambingnyaa.padahal kalo satenya demen bangett.. sampe tulisan ini di publish, saya sebagai penulis masih merasakan sensasi dari derita bertanggang saudara saudara..!!


Kebetulan pas saya di tempat suami, bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia. kecamatan Kampak sedang mengadakan karnaval. ternyata udah lama juga ya saya ga lihat karnaval. pasti beberapa di antara silent reader juga udah lama ga liat karnaval. ya kannn?? Foto ini diambil di dekat smp negri 1 Kampak di tengah terik matahari jam 2 siang, pas karnaval udah mau bubar

kesenian tiban

kesenian turonggo yakso

karnaval baju daerah

penulis nya ngga kalah ramee

penonton karnaval nya ramee



oh ya satu lagi nih tentang cerita disini.
kebetulan pas di tempat suami lagi ada hajatan manten, alias pernikahan.
nah disini lucunya itu keluarga dan keluarga besan itu ater-ater semut. alias mbuleet aja gitu. apa ya bahasa indonesianya?
jadi pas acara pernikahan ada di rumah perempuan. kemudian sekitar tiga hari, pihak perempuan diantar ke rumah si laki-laki. trus tiga sampai tujuh hari berikutnya diantar lagi ke rumah perempuan. gitu. bingung kan.
saya juga bingung. capeknya triple bookk ga trima doble tapi triple.
disini yang disuguhkan jajanan desa gitu. cukup dengan ketan, kelapa dan gula merah, udah jadi deh itu jajan macam-macam. mulai dari jaddah tetel, jenang, tape ketan, rengginang, mancho, dodol salak, aihh macam-macam deh.
dan uniknya lagi disini itu tetangga pada guyuuub banget. pas mau hari h itu tetangga pada datang. ngebantuin macem-macem. mulai dari bikin kue, masak, marut kelapa, dll. dan lebih mantapnya lagi mereka ngga dibayar lhoo.. cuma di kasih beras sekian kilogram dan gula. itu juga hasil dari becekan yang dibawa para tamu. fyi juga becek itu juga harus dikembalikan pas si tamu itu juga punya hajat. misal saya bawa beras 10 kg ke nikahan si A. nah nanti si A biasanya juga bawa beras 10 kg pas saya punya hajat. 
trus juga yang seru lagi, kalo kita bawa kado atau oleh-oleh, dijamin tas kita juga balik penuh lagii.



serunya besanan, naik pick up dan tetangga pada ikutann

menanti tamu datang

suguhan di desa

my favorite (putu ayu)

bukan sushi, tapi lemper

serunya masak di dapur pawon, pake kayu bakar.

menu utama. soto ayam.

penulis sedang kalap.

lik Kat, yang masak.
saya ikut bantu gorengin ayam sehariannn.
pegel euy.

Sekian dulu liputan dari desa Pakel. nantikan reportase selanjutnya dari kawasan Pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek.
oh ya rencana posting yang ini akan saya tulis juga dalam bahasa inggris di notes fb saya. amaliamughni.
supaya desa ini lebih terkenal di kalangan temen-temen yang tinggal di luar negeri.







Untuk teman-teman yang dari luar kota,
dengan senang hati lhoo kalau mau mampir ke tempat sayaa
untuk menuju ke Trenggalek, dibutuhkan 6 jam perjalanan dari Surabaya
dengan menggunakan Bus Harapan Jaya ataupun Pelita Indah
Per Agustus 2014 sih masih Rp. 17.000
dari Trenggalek, masih lanjut perjalanan 5km menuju desa kami
itu harus pakai motor.

kalo temen-temen pas lagi di Surabaya
bingung mau tinggal dimana,
bisa kok cari penginapan via www.klikhotel.com
banyak hotel dengan budget sesuai dompet..
bisa pilih lokasi juga lhoo
dan enaknya lagi ini websitenya ngga ribet


Yukkk marii
aku tunggu yaa di desa Pakel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar